LAYANAN SISTEM INFORMASI BIDANG TRANSPORTASI

PERBANDINGAN GOJEK & GRAB



Ojek Online adalah ojek yang prosesnya dilakukan dengan melakukan pemesanan melaui online. Berbeda dengan ojek pangkalan yang penumpang datang langsung ke pangkalan ojek yang ada.
Jadi Ojek Online (Ojol) akan semakin memudahkan penumpang dalam memesan ojek, karena mereka akan datang menghampiri penumpang ke lokasi yang ditentukan. Selain itu penumpang dapat tahu langsung jumlah biaya yang harus dikeluarkan. ada 2 aplikasi ojek online yang sangat terkenal diindonesia yaitu.

1. LAYANAN GOJEK.

Gojek (sebelumnya ditulis GO-JEK) merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia.Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android,dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama Gopay. Layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura.(wikipedia)
Tampilan Awal Apps Gojek
Logo Gojek



Dengan jumlah armada yang semakin banyak sekitar sekitar 220 ribu driver (per April 2016), Go-Jek menguasai pasar lokal dengan operasional yang mencakup hampir semua kota-kota besar di Indonesia. Layanan besutan Nadiem Makarim ini tersedia di berbagai wilayah di Indoneisa. Hampir semua kota besar di seluruh Indonesia sudah terdapat armada Gijek ini. Seperti kota Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Solo, Samarinda, Malang dan Batam.

Saat ini total ada 23 layanan ditawarkan Gojek. Selain layanan utama ojek online Go-Ride, Go-Jek juga menawarkan layanan lainya seperti yang telah di kelompokan :


Pembayaran
  • GoPulsa
  • GoNearby
  • GoBills
  • GoPoint
  • GoGive
  • GoSure

Berpergian dan pengiriman
  • GoRide
  • GoCar
  • GoBluebird
  • GoSend
  • GoBox
  • GoTransit



Makanan dan belanja
  • GoFood
  • GoMed
  • GoShop
  • GoMart


Berita dan Hiburan
  • GoTix
  • GoPlay
  • GoGames
  • GoNews

Sehari - hari 
  • GoMassage
  • GoClean
  • GoFitness




Kelebihan Layanan Gojek :
  • Proses pemesanan cepat.
  • Jenis pelayanan ada banyak sesuai dengan kebutuhan (GoSend, GoFood, GoRide, GoMart, GoShop, GoMed, GoBusway).
  • Driver Gojek Sudah ada dimana-mana, jadi tidak usah khawatir.
  • Apabila kamu tidak mempunyai uang cash, kamu bisa membayar dengan menggunakan Go-Pay.
  • Apabila kamu menggunakan Gojek, tarif sudah fixed price. Penambahan tarif hanya terjadi pada saat rush hours
  • Efektif serta efisien bagi konsumen maupun driver.
  • Server Error.
  • Tidak bisa memiih Driver.
  • Tujuan sudah di tentukan, apabila ingin mengubah tujuan harus membayar lebih.


Kekurangan Layanan Gojek :
  • Server Error.
  • Tidak bisa memiih Driver.
  • Tujuan sudah di tentukan, apabila ingin mengubah tujuan harus membayar lebih.

2.LAYANAN GRAB.


Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura. Berawal dari layanan transportasi, perusahaan tersebut kini telah mempunyai layanan lain seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang bisa diakses lewat aplikasi mobile.


Pada awalnya, Grab didirikan di Malaysia, sebelum kemudian memindahkan kantor pusat mereka ke Singapura. Saat ini, Grab telah beroperasi di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Grab merupakan startup "decacorn" (sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar US$10 miliar) pertama di Asia Tenggara. (wikipedia)

Tampilan Awal Apps Grab
Logo Apps Grab


Jumlah armadanya kurang lebih 250 ribu (data April 2016), namun angka itu mencakup penyebarannya di Asia Tenggara. Startup yang dipimpin Anthony Tan ini masih kalah dengan dominasi armada Go-Jek di pasar lokal.

Grab memang tak hanya fokus di Indonesia, melainkan mengincar pasar Asia Tenggara. Layanan ride sharing tersebut saat ini hadir di beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Filiphina.


Grab juga memiliki berbagai layanan yang sangat menarik. Saat ini Grab menawarkan 15 layanan, yaitu:
  • GrabFood
  • GrabDelivery
  • GrabCar
  • GrabBike
  • GrabGroceries
  • GrabTaxi Promo
  • GrabPulsa/Token
  • GrabHealth
  • GrabSubscription
  • GrabeScooter
  • GrabClean&Fix
  • GrabTicket
  • GrabHotels
  • GrabVideos
  • GrabBiils
  • GrabCards

Kelebihan Layanan Grab

  • Grab memiliki layanan yang baik yaitu driver ojek, driver car, driver taksi tercepat dan grab express untuk mengirim paket atau dokumen dengan layanan karir.
  • Jumlah pengemudi terbesar se-Asia Tenggara dan termasuk Indonesia.
  • Grab memberlakukan sistem tarif flat. Jadi harga perjalanan akan ditentukan di awal, dan pelanggan tidak perlu berkeringat bila terjebak macet yang lama karena harganya tetaplah sama. 
  • Pengemudi yang sudah terlatih dan adanya kerja sama dengan pihak keamanan dengan pemerintah.
  • Adanya asuransi kecelakaan untuk menjamin pelanggan Grab.
  • Mempermudah pembayaran baik secara tunai, kartu kredit dan mobile wallet.
  • Secara user interface, GrabCar memiliki desain yang lebih elegan dibandingkan dengan taksi lainnya.
  • Sistem pemesanan Grab lebih mudah.


Kekurangan Layanan Grab

  • Banyak keluhan dari pelanggan yang kurang ditanggapi.
  • Cara aplikasi ini menemukan lokasi tidak efektif karena jangkauan mesin pencarian terlalu luas.
  • Drivernya belum sebanyak Go-jek.


Komentar